Honda RC149 (1966) dengan Suara Mengerikan - Kilas balik ke arena balap tahun 60-an. Honda pernah memiliki satu mahakarya yang melegenda hingga saat ini, yaitu RC149. Dari namanya, barangkali kita akan menduganya sebagai motor 150cc, padahal Honda RC149 mengendong mesin berkubikasi 125cc. Meskipun demikian, kecepatan Honda RC149 boleh dibilang sebagai yang paling edan di dunia, bahkan hingga saat ini!
Honda RC149 menggendong jumlah mesin 5 silinder. Meskipun cuma sekelas bebek di jaman sekarang, tapi jangan ditanya kalau soal powernya. Motor 4-tak dengan bobot 'cuma' 85 kg ini bisa digeber sampai 21.000 rpm dengan kecepatan maksimal diatas 210 km/jam dan jumlah giginya mencapai 9-percepatan!
Honda RC149 menggendong jumlah mesin 5 silinder. Meskipun cuma sekelas bebek di jaman sekarang, tapi jangan ditanya kalau soal powernya. Motor 4-tak dengan bobot 'cuma' 85 kg ini bisa digeber sampai 21.000 rpm dengan kecepatan maksimal diatas 210 km/jam dan jumlah giginya mencapai 9-percepatan!
Honda RC149 |
Kalau dibanding-banding dengan motor kelas 250cc sangar yang dijual di pasaran saat ini pun rasanya masih belum apa-apa jika berhadapan dengan Honda RC149 ini.
Kehebatan mesin motor 5-silinder ini terbukti mampu menjuarai World GP 1966 dengan mengalahkan motor-motor balap lainnya yang notabene menggunakan mesin 2-tak pada masa itu.
Secara teknis, kemampuan motor bermesin 4-tak untuk mengimbangi motor 2-tak dibutuhkan 2x kapasitas cc yang lebih besar. Rata-rata mesin 2-tak saat itu mampu digeber hingga 10.000 rpm. Untuk menandingi motor balap 2-tak, Soichiro Honda (founder Honda) dengan insinyurnya merancang mesin 4-tak yang mampu berteriak hingga 21.000 rpm, dan hasilnya, jadilah Honda RC149 yang dibekali 5-buah karburator sejajar masing-masing berukuran 18mm yang mampu mengkonversi jadi tenaga sebesar 35 hp pada putaran maksimal 22.000 rpm!
Satu hal yang paling melegenda dari Honda RC149 adalah suara knalpotnya yang bikin merinding, mengalahkan saingan-saingan di kelasnya. Suara mesin Honda RC149 bahkan lebih menggelegar dari kakaknya, RC166 dan RC249. Motorcycle USA, salah satu situs dan majalah terkemuka di Amerika menyebut suara mesin Honda RC149 lebih mirip ledakan daripada suara knalpot sepeda motor.
Penasaran dengan suara knalpot Honda RC149? Berikut adalah videonya! Harap kecilkan dulu volume speakernya sob. Jangan sampai jantungan mendengarnya :-)
Kehebatan mesin motor 5-silinder ini terbukti mampu menjuarai World GP 1966 dengan mengalahkan motor-motor balap lainnya yang notabene menggunakan mesin 2-tak pada masa itu.
Secara teknis, kemampuan motor bermesin 4-tak untuk mengimbangi motor 2-tak dibutuhkan 2x kapasitas cc yang lebih besar. Rata-rata mesin 2-tak saat itu mampu digeber hingga 10.000 rpm. Untuk menandingi motor balap 2-tak, Soichiro Honda (founder Honda) dengan insinyurnya merancang mesin 4-tak yang mampu berteriak hingga 21.000 rpm, dan hasilnya, jadilah Honda RC149 yang dibekali 5-buah karburator sejajar masing-masing berukuran 18mm yang mampu mengkonversi jadi tenaga sebesar 35 hp pada putaran maksimal 22.000 rpm!
Satu hal yang paling melegenda dari Honda RC149 adalah suara knalpotnya yang bikin merinding, mengalahkan saingan-saingan di kelasnya. Suara mesin Honda RC149 bahkan lebih menggelegar dari kakaknya, RC166 dan RC249. Motorcycle USA, salah satu situs dan majalah terkemuka di Amerika menyebut suara mesin Honda RC149 lebih mirip ledakan daripada suara knalpot sepeda motor.
Penasaran dengan suara knalpot Honda RC149? Berikut adalah videonya! Harap kecilkan dulu volume speakernya sob. Jangan sampai jantungan mendengarnya :-)
Suara Sangar Knalpot Honda RC149
video:
Demikianlah informasi mengenai Honda RC149 (1966), Motor Sangar dengan Power Mengerikan. Semoga bermanfaat :-)
Artikel spekmotor lainnya mengenai: